Thursday 12 September 2013

mosenda "Remaja zaman sekarang"


Kali ini gwa bakal cerita panjang tentang remaja. Mungkin beda era tapi gak terlalu beda banget. Cerita ini ungkapan terdalam hati gwa terhadap Indonesia. Malem minggu kali ini gwa bakal ngebongkar semua yang dilakuin sama anak remaja pada zaman sekarang. Gwa dulu waktu remaja berangkat dari rumah sehabis shalat asar main bola di lapangan, nah sekarang main bola udah gak di lapangan, di kamernya sob. Ya loe bayangin ajah sekarang dengan laptop bajet empat juta loe udah bisa main bola di kamer, bahkan sampe balapan motor di kamer. Gak kebayang gwa kamernya seluas apa, ya tapi itu teknologi men. Kita dituntut untuk bisa teknologi. Anak-anak SD zaman sekarang mungkin udah ada itu yang namanya pelajaran komputer. Nah, gwa punya sedikit cerita memilukan tentang anak SD ini. Ceritanya ini anak sepulang dari sekolahnya baru di ajarin cara download vidio clip, terus mau meraktekin di rumah. Bisa mau pamer ma nyokap. Setelah dia serch di google dia mau cari vidio clip band noah dan dengan terlalu pintarnya mbah google muncullah tulisan “ariel noah vs luna maya”. Ini anak yang tadinya mau nunjukin jerih payahnya belajar di sekolah malah berubah jadi memperhatikan sekeliling kamarnya dan mengunci pintunya. Adhu malah jadi nonton dah itu vidio versus.
Terus kalo loe semua penggemar vidio .3gp, kalo loe serch di google muncullah nama ayam kampus main di kosan, main sama om-om dan main di kali. Menurut gwa itu udah hal yang lumrah walau jelas merusak moral. Mungkin karena mereka tidak punya kegiatan yang menghasilkan, pendapatan dari orang tua kurang dan yang bisa mereka jual itu tubuh mereka itu it’s oke. Ya mereka kaya gitu juga berdasarkan pemikiran dan resiko masing-masing, mungki karena belum bayar kost, bayar spp, butuh BB baru, atau hanya untuk beli pulsa dan mencari kenikmatan itu udah hal yang lumrah kita temui di masyarakat. Yang aneh buat gwa, kalo ia sampai cwe ini kaya gitu di kosan mereka, siapa gitu yang gerakin kameranya alias ngerekamnya. Curiga gwa ini kong kalikong sama ibu kosan dengan dali, sok kalian main nanti ibu yang vidioin tapi nanti vidionya buat ibu. Muncu pertanyaan untuk apa vidio itu. Dengan santai ibu menjawab buat inspirasi ibu nanti malem sama bapa. Cacat ! hahaha
Selain judul ini pasti pernah denger tentang, skandal anak SMA. Dalam hati gwa, ini orang skandal apaan ya, apa jangan-jangan skandal spp belum bayar jadi di kejer-kejer sama kantip. Tapi pas gwa buka, beuh sama ajah isinya vidio 3gp. Dulu waktu gwa SMA, sekalipun gwa gak terlalu mengenal agama kaya sekarang, gwa gak gini-gini amat. Soalnya ibu dan bapa gwa nanemin ke diri gwa itu tentang moral dan akhlak. Jadi gwa gak berani yang kaya gituan, loe bayangin gwa pacaran sama pacar gwa ajah Cuma pandang-pandangan dari kejauhan, itu juga kalo di noleh ke gwa, gwa pasti ngumpet. Nah anak-anak sekarang, udah kuno coy gaya pacaran sama gwa. Dengan modal motor bagus si cwo main ke cwe dan dengan dandanan sexy ala maria ozawa si cwe bakalan dapet cwo yang dia mau. Udah gitu malem mingguan, bukan cari tempat yang rame malahan cari tempat yang sepi dan akhirnya muncul vidio-vidio dengan judul baru.
Kemudian masalah ini kembali turun tahta menjadi gubug putih biru bergoyang. Gwa tercengang, anak SMP udah bisa bikin vidio 3gp. Bener-bener rusak generasi kita. Coba loe bayangin, waktu kita semua masih SMP, ya mungkin sebagian udah ada yang pacaram tapi apa sampai ada yang kaya gitu. Paling-paling banterannya loe bisa naro surat di kolong meja si dia atau mungkin di tasnya waktu istirahat bahkan kalo loe punya nyali loe langsung kasih itu surat sama orangnya dan itu juga masih secara tidak langsung. Kalo loe yang ketawa berarti ngerasa, tapi waktu gwa SMP dulu gwa paling takut sama yang namanya cwe. Banyak banget cwe yang ngedeketin gwa, bukan sombong ni hehe. Tapi tetep buat gwa masa-masa segitu gakan bisa kita ulangin lagi, masa dimana kita main dari pagi sampe magrib dan dari magrib sampai malam. Dari badan yang tadinya wangi sampe kucel dan dekilnya. Tapi sekarang, anak SMP bikin vidio 3gp.
Sebebnernya tujuan dan maksud gwa nulis ini Cuma buat ketawa dan himbauan bagi seluruh orang tua, kaka, ataupun sanak saudara terdekat agar mampu mengendalikan laju kebang anak sekarang. Kita gak perlu kolot banget buat ngajarin ke adik-adik kita ini untuk berbuat baik dan jangan terlalu dipaksakan. Karena menurut gwa sesuatu yang didasarkan oleh paksaan itu tidak menyenangkan. Tetapi bukan berarti kita memberi kebebasan lantas kita lepas tangan. Inilah yang lebih salah ketika orang tua kita siang-malam mencari harta dan harta untuk membesarkan kita, tetapi perhatian yang diberikan tidak terlalu mendidik. Sehingga ada sebuah candaan ketika berumur 3 tahun anak itu memanggil “papah aku minta uang” dan ketika berumur 17 tahun mengatakan “om, bagi uangnya donk”, sungguh memilukan. Dan menurut pengamatan yang saya lakukan, tempat yang digunakan untuk melakukan hal seperti itu biasanya di rumah yang kosong, kamar, villa dan angkot. Sudahkan anda memasang sisi tv yang tak terlihat oleh anak kita, agar kita dapat memonitoring tanpa terlihat. Untuk masalah yang di angkot yang bikin gwa sedikit heran, padahal angkot itu sedang melaju. Gwa sedikit curiga sama supirnya, jangan- jangan dia yang ngambil gambarnya dan angkotnya itu di setting ke pilot otmotis.

Sekian gwa nanda....

No comments:

Post a Comment